日本財団 図書館


 

kelaparan dan menunjang kesehatan; yang diutamakan sekarang adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar mungkin. Contohnya, di Cina pun setelah dijalankannya ekonomi pasar bebas, begitu orang-orang menyadari bahwa buah-buahan dapat membawakan keuntungan, sawah-sawah yang menghasilkan beras pun segera dirubah menjadi kebun buah-buahan.

 

67. Belut di RRC
Ketika belut bisa membawakan keuntungan yang lebih besar lagi daripada buah-buahan, maka kebun buah-buahan pun segera dirubah menjadi tambak-tambak.

 

68. Ladang Jagung di Muangthai
Muangthai adalah salah satu negara pengekspor beras terbesar di dunia. Tetapi dengan adanya industnalisasi dan perubahan-perubahan sosial-ekonomi, negara iru dengan giat beralih ke menghasilkan jagung, singkong, tebu dan produk-produk pertanian lain yang ekspornya dapat membawakan keuntungan lebih besar.

 

69. Tambak Udang di Muangthai
Selain dan itu, pertumbuhan pesat terjadi pula dalam industri-industri ekspor makanan olahan dan udang dan daging ayam-negeri. Akibatnya, hutan-hutan bakau di sepanjang pantai satu demi satu telah dirubah menjadi tambak-tambak udang.

 

70. Tomat dalam Rumah Kaca di Jepang
Di masa lampau, para petani menghasilkan tanaman-tanaman yang cocok dengan iklim dan keadaan alam di daerahnya.
Tetapi sekarang, yang dipenti ngkan adalah menghasilkan produk-produk buatan yang cocok untuk pasar dan bukannya dengan lahan tempat

 

 

 

前ページ   目次へ   次ページ

 

 






日本財団図書館は、日本財団が運営しています。

  • 日本財団 THE NIPPON FOUNDATION